![]() |
https://sellorelse.ogilvy.com/2016/06/29/the-new-era-of-customer-service/ |
Ditahun 2017 berbagai program kegiatan dan layanan telah dilakukan dengan upaya-upaya maksimal. Tentunya, setiap yang diupayakan tidak selamanya memberikan kepuasan bagi semua masyarakat utamanya di wilayah kerja Puskesmas Taman, berikut ini terangkum keluhan pelanggan yang melalui kotak keluhan pelanggan yang tersebar di beberapa ruang pelayanan, sebagai berikut :
JUNI 2017
1. Bulan ini masyarakat memberikan
apresiasi terkait “ Ruang lingkungan, pelayanan bersih dan rapi “, hal ini
tetap memacu kami untuk terus berupaya meningkatkan kebersihan pada seluruh
ruang layanan dan area Puskesmas, termasuk adanya tenaga kebersihan yang selalu
siap melakukan pelayanan kebersihan.
AGUSTUS & SEPTEMBER 2017
1. Keluhan pelanggan terkait ketidak
ramahan dan kelambatan dalam pelayanan pada layanan poli gigi. Terkait dengan
hal ini, kami sudah memanggil yang bersangkutan sekaligus melakukan pembinaan
agar memberikan pelayanan lebih ramah dan cepat.
OKTOBER 2017
- Keluhan pelanggan pada bulan
Oktober kali ini terkait permintaan disediakannya Musholla, dimana
pelanggan harus mutar-mutar untuk mencari Mushollah. Terkait hal ini, kami
sampaikan bahwa kami sudah menyediakan ruangan yang cukup representatif
dan di fungsikan untuk Musholla serta sudah ada petunjuk ruangan Musholla.
- Ada 3 keluhan pelanggan yang
memiliki subsanti makna yang sama, yakni terkait ketidak ramahan petugas
yang berada di Poli Umum dan UGD Layanan 24 Jam, berkenaan dengan hal ini
kami memanggil yang bersangkutan untuk selanjutnya dilakukan pembinaan dan
arahan agar meningkatkan keramahan dalam memberikan pelayanan.
NOVEMBER 2017
- Keluhan yang diterima pada
bulan ini berkenaan dengan “Lantai II panas, kurang Pendingin”, terkait
dengan keluhan ini perlu kami sampaikan bahwa untuk lantai II pada Poli
Umum sudah kami sediakan Standing AC yang sudah mencukupi untuk pendingin
ruang atas, sehingga manakala dirasa masih kurang mencukupi disaat pasien
cukup banyak, maka biasanya ditambahkan kipas badai yang dapat membantu
mengkondisikan ruangan agar lebih dingin.
- Untuk keluhan terkait Apotek
agar lebih jelas, lebih ramah, untuk disediakan ruang informasi. Berkaitan
dengan hal tersebut diatas kami telah melakukan diskusi dan pembinaan
kepada petugas agar lebih jelas dan ramah dalam memberikan pelayanan,
ruang apotek kami rasa sudah sangat memenuhi syarat terkait dengan
pemberian informasi kepada pasien.
Demikian jawaban kami terkait adanya beberapa keluhan pelanggan yang kami
terimakan, semoga hal ini akan dapat memberikan kepuasan akan jawaban keluhan
pelanggan dan menjadi pembelajaran untuk kami terus meningkatkan layanan secara
maksimal.
Sidoarjo, Januari 2017
Mengetahui,
A.n KEPALA PUSKESMAS TAMAN
Kepala Sub. Bagian Tata Usaha
LULUK KIBTIYAH, S.A.P
NIP. 19671115 198703 2 001
Saya berobat di Puskesmas Taman terdaftar sebagai pasien umum dan saya pun sedikit terkejut saat menebus obat di apotik 6 butir Ciprofloxacin, 6 butir Ibuprofen, salep Gentamicin, dan injeksi anti tetanus kesemuanya saya tebus dengan harga Rp115.000 ditambah biaya pendaftaran Rp35.000 ada lagi untuk biaya suntik Rp15.000 jadi semua total rp165.000 dan sewaktu saya minta kwitansi perincian hanya ditulis obat senilaiRp.115.000 dan setelah saya coba cek harga eceran tertinggi obat tersebut nilainya jauh lebih tinggi.
BalasHapusSebagai saran Mohon untuk harga obat dapat dipastikan tidak melebihi dari harga eceran tertinggi yang sudah ditentukan dan setiap pembelian obat disertakan dengan struk atau tanda bukti pembayaran yang sah dan terperinci