|
Audit pada Seksi Hubungan Pelanggan dan QA |
Puskesmas Taman sebagai Puskesmas perawatan pertama di Kabupaten
Sidoarjo yang meraih Sertifikat Quality Management System ISO 9001 sejak tahun
2007, secara berkesinambungan berupaya terus meningkatkan pelayanan dengan
mengacu Standart Manajemen Internasional. Kurun waktu 5 (lima) tahun sudah
secara manajemen, Puskesmas Taman menerapkan standart manajemen mutu ISO 9001 terkait
pelayanan. Banyak sekali perubahan yang dirasakan oleh seluruh komponen
masyarakat pelaku pelayanan kesehatan, salah satunya yang dirasakan adalah semakin
meningkat dan lebih baiknya dari waktu ke waktu standart pelayanan kesehatan di
Puskesmas Taman.
|
Keseriusan dalam mendengarkan hasil Audit Surveylance |
Secara manajemen, penerapan ISO 9001:2008 di Puskesmas Taman sangat
dirasakan sekali manfaatnya. Prosedur terkait layanan semakin pasti dan jelas,
seluruh tindakan terkait layanan kesehatan dan support system-nya semakin
terbakukan dengan adanya acuan berupa Standard Operating Procedure atau SOP,
Prosedur Tetap terkait tata laksana sistem pendukung layanan kesehatan atau
PROTAP begitu juga dengan dokumen yang beredar baik berupa formulir untuk
perekaman seluruh aktifitas layanan maupun dokumen eksternal yang dipakai untuk
acuan kerja disetiap layanan semakin terkendali dan tertata rapi.
|
Proses Audit di bagian layanan Poli Gigi |
Sertifikasi ISO 9001 yang dimiliki oleh Puskesmas Taman diawali dengan ISO
9001 versi 2000 diperoleh dari Lembaga Sertifikasi PT Sucofindo, tbk pada tahun
2007. Sertifikat ini berlaku selama 3 tahun semenjak diterbitkan. Ditahun yang
ke-4 (empat), Sertifikasi diperoleh dari PT URS dengan Upgrade ISO 9001 ke
versi 2008.
Untuk mendapatkan Sertifikat ISO 9001 harus melalui beberapa tahapan
proses, diantarnya adalah Audit Mutu Eksternal atau Audit Sertifikasi terkait
seluruh komponen pendukung kelayakan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001,
Audit ini dilakukan sekali dalam masa berlaku Sertifikat ISO 9001. Audit yang
kedua adalah Audit Surveylance, merupakan Audit rutin setiap 1 (satu) tahun
sekali sebagi upaya untuk memastikan organisasi secara konsisten masih
menjalankan Sistem Manajemen Mutu.
|
Suasana Audit yang komunikatif |
Puskesmas Taman telah 5 kali melakukan Audit Surveylance secara
kontinyu. Selain Audit Mutu Eksternal, Audit Surveylance, Audit Mutu Internal
juga dilakukan secara berkelanjutan setiap 6 bulan sekali. Sistem Audit yang
berlapis ini, memungkinkan tingkat kesalahan dalam pelayanan dapat
diminimalisir serta diantisipasi lebih cepat. Peningkatan secara berkelanjutan
bagi upaya pemberian layanan kesehatan secara paripurna sangatlah dibutuhkan.
Hal ini mampu dijawab dengan adanya Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 yang
diterapkan di Puskesmas Taman. Report by ; Uays Hasyim
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar dan masukan anda yang membangun akan meningkatkan pelayanan kami.