Mohon Maaf, Kami hanya akan menangani KELUHAN PELANGGAN yang menyebutkan identitas dengan jelas dan bisa dihubungi

Rabu, 09 November 2016

SURVEY AKREDITASI PUSKESMAS TAMAN

SURVEY AKREDITASI DI PUSKESMAS TAMAN
Kamis s/d Sabtu, tanggal 27 – 29 Oktober 2016
  


Apa itu Akreditasi Puskesmas ?
Akreditasi Puskesmas adalah suatu pengakuan terhadap hasil dari proses penilaian eksternal, oleh Komisioner Akreditasi terhadap Puskesmas, apakah sesuai dengan standar akreditas yang ditetapkan.

Apa Manfaat Akreditasi Puskesmas ?
Inilah manfaat akreditasi Puskesmas :
1.       Memberikan keunggulan kompetitif
2.       Memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap fasyankes
3.       Menjamin diselenggarakannya pelayanan kesehatan primer kepada pasien dan masyarakat.
4.       Meningkatkan pendidikan pada staf Fasyankes primer untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat
5.       Meningkatkan pengelolaan risiko baik pada pelayanan pasien baik di Puskesmas maupun fasyankes primer lainnya, dan penyelenggaraan upaya Puskesmas kepada masyarakat
6.       Membangun dan meningkatkan kerja tim antar staf fasyankes primer
7.       Meningkatkan reliabilitas dalam pelayanan, ketertiban pendokumentasian, dan konsistensi dalam bekerja
8.       Meningkatkan keamanan dalam bekerja.

Proses penilaian ini juga dijalani oleh Puskesmas Taman yang dilaksanakan pada Kamis s/d Sabtu tanggal 27 – 29 Oktober 2016. Surveyor dari Kementerian Kesehatan RI yang melakukan survey adalah Ibu ROHANI, SKM., M.Kes  dari Nusa Tenggara Barat - NTB sebagai Ketua Tim, Ibu dr. MAGDALENA SITORUS dari Surabaya, Bapak TONO GHAZALI, SKM dari Sulawesi Barat - SULBAR. Beliau bertugas sebagai Surveyor Akreditasi Puskesmas Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.


Hari Pertama, Kamis 27 Oktober 2016 diawali dengan Penerimaan tim Surveyor kemudian dilanjutkan foto bersama dengan pimpinan dan karyawan-karyawati Puskesmas.



Mars Puskesmas Taman menjadi penyemangat tim penyambutan Surveyor.
Pimpinan & tim Akreditasi semangat menyanyikan Mars Puskesmas Taman.
Gerak & tari rancak mengiringi penyambutan tim Surveyor Akreditasi di Puskesmas Taman.

Tim ADMEN sedang dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen oleh tim Surveyor.
Tim UKP nampak serius mengikuti proses penilaian oleh Surveyor
Meski serius namun tak lupa tersenyum dalam menghadapi penilaian survey Akreditasi

Setelah selesai sesi penerimaan dan foto bersama, acara dilanjutkan dengan Opening Ceremony – Upacara Pembukaan di Hall Amaryllis Puskesmas Taman. Pimpinan Puskesmas – Ibu dr. ZUHAIDA, M.Kes memperkenalkan satu persatu tim yang menjadi penanggung jawab Akreditasi dan Organisasi. Tidak ketinggalan, Ketua tim Surveyor memperkenalkan tim Surveyor yang akan melakukan Survey Akreditasi di Puskesmas Taman selama 3 hari ke depan. Meski persiapan cukup matang, namun rasa tegang dan kekhawatiran juga tak luput dari wajah-wajah karyawan-karyawati Puskesmas Taman. Suasana baru terlihat cair, ketika dalam memberikan sambutannya, Ketua tim Surveyor (Ibu ROHANI, SKM., M.Kes) melontarkan beberapa guyonan yang membuat seluruh peserta tertawa, namun tidak sedikit juga yang hanya tersenyum simpul sebab ketegangan yang dirasakan dalam menghadapi Survey Akreditasi kali ini setelah persiapan yang cukup panjang sebelumnya.

Setelah sambutan  dan perkenalan dari tim Surveyor selesai, paska break untuk istirahat sejenak, acara dilanjutkan dengan paparan tentang Profil Puskesmas Taman Kabupaten Sidoarjo oleh Ibu Kepala Puskesmas – Ibu dr. ZUHAIDA, M.Kes. Dalam paparannya beliau memberikan penjelasan terkait berbagai sumber daya, baik berupa sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun fasilitas pendukung lainnya. Tidak lupa juga disampaikan perubahan yang terus dilakukan secara berkelanjutan oleh Puskesmas dari waktu ke waktu.

Acara yang sangat dinanti-nanti oleh keluarga besar Puskesmas Taman dilanjutkan setelah paparan yang disampaikan oleh Ibu Kepala Puskesmas Taman, yakni pemeriksaan kelengkapan dokumen 3 Pokja.

Pokja 1 bidang Administrasi Manajemen – ADMEN yang meliputi Standar Administrasi dan Manajemen, terdiri dari :

  1. Bab I. Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas (PPP).
  2. Bab II. Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas (KMP).
  3. Bab III. Peningkatan Mutu Puskesmas (PMP).
Suasana yang dirasakan dalam pemeriksaan di Pokja 1 sangat friendly, meski tetap fokus terhadap penilaian setiap Elemen Penilaian – EP. Setiap EP dikupas dan ditanyakan secara rinci serta runtut bukti pendukungnya.

Pada Pokja 2 bidang Upaya Kesehatan Masyarakat – UKM yang meliputi Standar Program Puskesmas, terdiri dari :

1.    Bab IV. Upaya Kesehatan Masyarakat yang Berorientasi Sasaran (UKMBS).
2.    Bab V. Kepemimpinan & Manajemen Upaya Kesehatan Masyarakat (KMUKM).
3.    Bab VI. Sasaran Kinerja Upaya Kesehatan Masyarakat (SKUKM).

Suasana yang serius dan menyenangkan juga terasa di Pokja 2. Tim UKM yang sangat luar biasa bahu membahu dan bekerja sama untuk saling menjawab serta memberikan bukti-bukti pendukung setiap Elemen Penilaian – EP. Kegiatan UKM yang tidak sedikit memang membuat seluruh Pelaksana Program harus ekstra dalam upaya penyelesaian program dan tetap tertib administrasi sebagai bukti pendukung. Cukup bersahabat Ibu Rohani, SKM., M.Kes didalam melakukan pemeriksaan keseluruhan bukti pendukung pada setiap EP.

Meski diawal suasana cukup menegangkan, namun selanjutnya bisa cair serta santai dalam pemeriksaan di Pokja 3. Pada Pokja 3 bidang Upaya Kesehatan Perseorangan – UKP yang meliputi Standar Pelayanan Puskesmas, terdiri dari :

  1. Bab VII. Layanan Klinis yang Berorientasi Pasien (LKBP).
  2. Bab VIII. Manajemen Penunjang Layanan Klinis (MPLK).
  3. Bab IX. Peningkatan Mutu Klinis dan Keselamatan Pasien (PMKP).
Dengan penuh ketelitian, dr. MAGDALENA SITORUS memeriksa satu per satu Elemen Penilaian – EP dengan disertai bukti Pendukung yang dipersyaratkan. Seolah tidak mau kalah dengan kedua Pokja sebelumnya, Tim Pokja UKP berusaha saling memberikan dukungan dan menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan oleh Surveyor.


Kegiatan hari pertama cukup menguras tenaga dan fikiran, berakhir sekitar pukul 17.00, namun demikian demi menyelesaikan semua kekurangan bukti pendukung setiap EP, kerja keras seluruh tim baru diakhiri hingga pukul 22.00 WIB. Meski demikian, Semangat Juang tim tidak pernah terlemahkan.



Foto bersama hari kedua, ceria dalam kebersamaan.
Layanan Rawat Inap Persalinan dan Kandungan juga tak luput dari pemeriksaan.
Keseriusan dalam memperhatikan pemeriksaan oleh tim Surveyor.

Ruang Pantry/Dapur untuk memasak makanan pasien juga tidak luput dari pemeriksaan.
Ruang Rawat Inap Persalinan dan Kandungan juga dilakukan survey untuk memastikan kesesuaiannya
Tim Surveyor didampingi tim Akreditasi Puskesmas Taman memeriksan RIU

Hari Kedua, Jum'at 28 Oktober 2016 juga tak kalah seru dan seriusnya, namun suasana jauh lebih cair dibandingkan dengan hari yang pertama. Penyambutan tim Surveyor diawali dengan foto bersama di taman Palm Husada di depan Puskesmas. Meski sedikit lebih fresh dan cair dari hari sebelumnya, namun ketegangan akan penilaian lanjutan masih terasakan.

Agenda hari kedua, setelah foto bersama dilanjutkan dengan survey lapangan. Diawali dari loket pendaftaran, dilanjutkan ke poli-poli yang ada dilantai 1, Rawat Inap Persalinan dan Kandungan. Selanjutnya survey lapangan menuju ke Rawat Inap Umum lantai 1 dan Pantry/dapur pengolahan makanan untuk pasien.

Kemudian seluruh tim memasuki ruang Hall Amarilys Puskesmas Taman untuk mendegarkan paparan hasil temuan tim Surveyor Akreditasi atas survey yang dilakukan pada hari pertama. Tidak banyak temuan yang didapat namun membutuhkan kerja keras untuk dilakukan penyelesaian atas temuan tersebut. Selesai paparan, Survey dilanjutkan pada masing-masing Pokja Admen, UKP dan UKM. Suasana survey dimasing-masing tidak jauh berbeda dari hari pertama namun sedikit lebih bernafas lega sebab tidak setegang sebelumnya, meski tetap diliputi rasa was-was. 

Hari Ketiga, Jum'at 29 Oktober 2016 rasanya lebih lega lagi, sebab ketakutan-ketakutan dan rasa was-was yang dirasakan 2 hari sebelumnya semakin berkurang. Serasa beban yang bergelayut di pundak semakin ringan, sebab kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh Puskesmas Taman dinilai oleh Surveyor secara obyektif. Penilaian lanjutan ini juga tidak lupa didahului dengan foto bersama, paparan hasil temuan survey sebelumnya serta diskusi lintas sektor untuk mendaatkan info secara obyektif akan kerja sama Puskesmas dengan lintas sektor terkait yang ada diwilayah kerja Puskesmas Taman.

2 komentar:

  1. salam sukses
    SEDIA DOKUMEN AKREDITASI PUSKESMAS TERBARU
    BUKA BLOG AKREDITASI PUSKESMAS TERBARU MUDAH
    HP ifan Mkes 0821 3760 6464

    BalasHapus
  2. salam sukses
    SEDIA DOKUMEN AKREDITASI PUSKESMAS TERBARU
    BUKA BLOG AKREDITASI PUSKESMAS TERBARU MUDAH
    HP ifan Mkes 0821 3760 6464

    BalasHapus

Komentar dan masukan anda yang membangun akan meningkatkan pelayanan kami.

PENYERAHAN PENGHARGAAN JUARA 2 SBH PUSKESMAS TAMAN

Pemberian Penghargaan Juara 2 kepada Gerakan Pramuka Saka Bhakti Husada di bawah naungan dan pembinaan Puskesmas Taman. Penyerahan Peng...