Puskesmas Taman sebagai salah satu Puskesmas Pelayanan Rawat Inap di Kabupaten Sidoarjo terus berupaya meningkatkan pelayanan demi terciptanya masyarakat yang sehat secara paripurna. Tahun 2013 dengan semangat baru, Puskesmas Taman memiliki Motto dan Etos Kerja yang baru sebagai wujud upaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.
MOTTO
We serve BETTER
Yang dapat didefinisikan sebagai berikut :
B =
BERKUALITAS
E =
EFISIEN
T =
TERPERCAYA
T =
TERBAIK
E =
EFEKTIF
R =
RAMAH
ETOS KERJA
P = Peduli dan Ikhlas memberikan pelayanan
kesehatan
U = Ulet dalam berpikir, berucap dan bertindak
S = Sehat
serta mengutamakan kesehatan diri dan masyarakat
K = Kejujuran prasyarat utama Keberhasilan
E = Etika perilaku mulia dikedepankan
S = Solusi
terbaik diberikan untuk pelanggan
M = Mumpuni dalam mengupayakan pelayanan terbaik
A = Amanah dan Bijak dalam Bersikap serta
bertindak
S = Santun
dan berkepribadian layanan prima
T = Terbaik dalam memberikan pelayanan
A = Aman, Cepat dan Akurat dalam penegakan Diagnosa
M = Menjadi Puskesmas terbaik dalam Pelayanan
A = Aktif,
Inovatif dan Kreatif dalam tindakan serta pelayanan
N = Nyaman, Ramah dan solusi tepat manfaat
Penjelasan terkait Etos Kerja Puskesmas Taman Kabupaten Sidoarjo.
1) P = Peduli dan Ikhlas memberikan pelayanan kesehatan.
Setiap karyawan-karyawati harus peduli kepada sesama baik
sesama teman kerja maupun pasien dan selalu ikhlas didalam memberikan pelayanan
kesehatan bagi semua pasien yang menggunakan fasilitas layanan kesehatan di
Puskesmas Taman.
2) U = Ulet dalam berpikir, berucap dan bertindak.
Selalu mengupayakan berbagai solusi konkrit terkait
berbagai macam permasalahan kesehatan yang dihadapi. Solusi ini berupa pikiran,
kemudian disampaikan secara terstruktur dan tindakan nyata dalam menyelesaikan
permasalahan tersebut.
3) S = Sehat serta mengutamakan
kesehatan diri dan masyarakat.
Selalu menjaga kesehatan baik secara diri pribadi,
keluarga maupun masyarakat secara luas. Pengupayaan kesehatan ini melalui
penerapan dan berbagi informasi terkait kesehatan dan Perilaku Hidup Bersih dan
Sehat atau PHBS.
4) K = Kejujuran prasyarat utama Keberhasilan.
Setiap pribadi karyawan dan karyawayi Puskesmas
diharuskan untuk menjadi manusia yang utuh berkepribadian, jujur dalam tutur
ucapan dan tindakan. Menjadi cermin pribadi yang selalu menggemari penerapan
prinsip-prinsip kebaikan.
5) E = Etika perilaku mulia dikedepankan.
Etika berucap, bertindak yang mulia dalam memberikan
pelayanan kesehatan diutamakan. Memberlakukan setiap orang adalah penting,
utamanya didalam pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan bagi setiap orang yang
berkunjung memanfaatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Taman.
6) S = Solusi terbaik
diberikan untuk pelanggan
Setiap pelanggan yang datang adalah pribadi yang penting
dan sedang membutuhkan jawaban atas setiap permasalah kesehatan yang mereka
hadapi. Peranan sebagai pemberi soluai handal bagi setiap permasalahan tersebut
haruslah diberlakukan bagi setiap
karyawan-karyawati dilingkungan kerja Puskesmas Taman.
7) M = Mumpuni dalam mengupayakan pelayanan terbaik.
Kompetensi yang dimiliki merupakan akumulasi dari
pengetahuan yang pernah didapat melalui pendidikan, pengalaman dan serangkaian
praktek dalam memberikan pelayanan kesehatan. Hal ini merupakan penunjang skill
bagi setiap karyawan-karyawati agar didapatkan kualitas kerja yang bagus dan
berkesinambungan, meski hal ini harus dilakukan secara bertahap.
8) A = Amanah dan Bijak dalam Bersikap serta bertindak.
Penuh rasa tanggung
jawab dan saling menghormati didalam menjalankan tugas dan melayani pasien.
Amanah ditampilkan dalam keterbukaan, kejujuran, pelayanan yang optimal dan
berbuat yang terbaik dalam segala hal dan bijaksana didalam bersikap dan
melakukan tindakan.
9) S = Santun dan berkepribadian
layanan prima.
Kesadaran memiliki rasa tanggung jawab untuk memberikan
layanan terbaik bagi setiap penggunan layanan kesehatan di Puskesmas Taman dan
dengan dilandasi etika kesopan santunan dalam memberikan pelayanan juga menjadi
semangat kerja bagi seluruh karyawan-karyawati.
10) T = Terbaik dalam memberikan pelayanan.
Kerja keras yang diupayakan oleh seluruh
karyawan-karyawati adalah semangat kerja untuk memberikan pelayanan yang
terbaik dalam setiap kesempatan. Pelayanan dalam hal promotif, prefentif,
kuratif dan rehabilitatif bagi setiap pasien diupayakan sebaik dan seefektif
mungkin.
11) A = Aman, Cepat dan Akurat dalam penegakan Diagnosa.
Layanan yang aman, cepat dan akurat didalam penegakan
diagnosa/analisa perkiraan penyakit yang diderita oleh pasien menjadi upaya
tindakan nyata dalam setiap pelayanan yang diberikan kepada pasien yang berobat
di Puskesmas Taman.
12) M = Menjadi Puskesmas terbaik dalam Pelayanan.
Kinerja optimal yang selama ini telah diupayakan
menjadikan Puskesmas Taman seringkali memperoleh prestasi dan menjadi Puskesmas
Terdepan dalam inovasi dan perubahan kearah peningkatan layanan. Prestasi ini
akan terus diupayakan untuk menjadikan Puskesmas Taman menjadi Puskesmas
terbaik dalam pelayanan.
13) A = Aktif, Inovatif dan Kreatif
dalam tindakan serta pelayanan.
Aktif dalam memberikan pelayanan terbaik, selalu berupaya
untuk melakukan Inovasi didalam pelayanan maupun hal-hal yang menjadi pendukung
diperolehnya layanan yang terbaik. Meningkatkan kreatifitas sebagai upaya nyata
memberikan pelayanan bagi meningkatnya kesejahteraan dan kesehatan masyarakat
secara umum.
14) N = Nyaman, Ramah dan solusi tepat manfaat
Dalam pelayanan kesehatan yang diberikan oleh setiap
petugas/karyawan-karyawati di Puskesmas Taman, kenyaman menjadi prioritas
utama. Pengukuran kepuasan pelanggan juga dilakukan 2 kali dalam 1 tahun
sebagai rangkaian untuk mengetahui dan mengukur respon masyarakat terhadap
seluruh layanan yang ada. Keramahan petugas dalam memberikan pelayanan dengan
terus dilakukan peningkatan kemampuan, hal ini ditandai dengan upaya-upaya
memberikan pelatihan terkait pelayanan yang terbaik, misalnya : service
excellent, pelatihan layanan prima, team work training dan lain-lain. Solusi
tepat guna merupakan upaya pemberian jawaban-jawaban terhadap permasalahan
pasien yang berobat secara tepat guna dan jawaban-jawaban terhadap permasalahan
internal terkait proses layanan yang diberikan dan manajemen.
Ditulis oleh : Uays Hasyim - Staf IT Puskesmas Taman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar dan masukan anda yang membangun akan meningkatkan pelayanan kami.