Mohon Maaf, Kami hanya akan menangani KELUHAN PELANGGAN yang menyebutkan identitas dengan jelas dan bisa dihubungi

Senin, 17 September 2012

PEMBINAAN GURU DAN KADER UKS SEWILAYAH KERJA PUSKESMAS TAMAN TAHUN 2012




UKS atau Usaha Kesehatan Sekolah merupakan sebuah kebutuhan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan di lingkungan sekolah untuk siswa sebagai calon pemimpin bangsa dimasa yang akan datang. Kebutuhan pemahaman dan pengetahuan terkait kesehatan tentunya sangat diperlukan.

Puskesmas Taman sebagai Unit Pelaksana Teknik Dinas Kesehatan pada tanggal 03 s.d 06 September 2012 melaksanakan Pembinaan Guru dan Kader UKS sewilayah kerja Puskesmas Taman. Hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Bapak Camat Taman, M. BAHRUL AMIG, S.SOS., MM selaku Ketua Tim Pembina UKS Kecamatan Taman beserta Sekcam, Ibu Kepala Puskesmas Taman dr. ZUHAIDA, M.Kes, perwakilan dari UPTD Cabang Dinas Pendidikan dan PPAI Kecamatan Taman.



Dalam sambutannya Ketua Tim Pembina UKS menyampaikan perlunya kepedulian kita pada peserta didik yang merupakan aset bangsa dimasa yang akan datang, lingkungan sekolah sehat sesungguhnya mampu memberikan andil bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia utamanya kecerdasan peserta didik. Makanan dan minuman yang tidak sehat dan membahayakan kesehatan masih banyak dijumpai dijual secara bebas oleh pedagang keliling disekolah-sekolah. Seharusnya setiap sekolah mampu mengingatkan kepada mereka untuk ikut andil dalam meningkatkan kesehatan peserta didik dengan menjual makanan yang sehat, hal ini tentunya tidak dapat dilakukan sendirian, namun kerja sama lintas sektor utamanya dengan Puskesmas sangatlah diperlukan, demikian Ketua Tim Pembina UKS.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini diantaranya adalah :
1.     Membina Guru dan melatih Kader UKS
2.     Meningkatkan kerja sama lintas sektor
3.     Meningkatkan kesadaran untuk menghidupkan UKS di masing-masing sekolah
4.     UKS bukan karena adanya lomba namun karena kebutuhan
5.     Sehat dimulai dari saya

Peserta terlihat sangat antusias didalam mengikuti setiap sesi acara, selain itu tingkat kehadiran undangan melebihi dari 95 % dari seluruh peserta yang diuandang. Banyak ragam materi yang disampaikan pada pelaksanakan kegiatan kali ini, diantaranya : kegawat daruratan, HIV/AIDS, NAPZA, Bahaya Merokok, P2M-Penyakit Menular, Gigi, Gizi, Sanitasi, KRR.

Tim pemateri UKS yang digawangi oleh Iin Fadhilah, Amd.Kep, Ulis Rahsnasari, dr. M Arif Hidayatulloh, Reny Marini, Amd.KL, Sudyanti P, drg. Asmikah dan Siti Julaikah, Amd.Kep terlihat sangat bersemangat dan kompak didalam memberikan materi demi materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dan masukan anda yang membangun akan meningkatkan pelayanan kami.

PENYERAHAN PENGHARGAAN JUARA 2 SBH PUSKESMAS TAMAN

Pemberian Penghargaan Juara 2 kepada Gerakan Pramuka Saka Bhakti Husada di bawah naungan dan pembinaan Puskesmas Taman. Penyerahan Peng...