Mohon Maaf, Kami hanya akan menangani KELUHAN PELANGGAN yang menyebutkan identitas dengan jelas dan bisa dihubungi

Kamis, 27 Desember 2012

AUDIT SURVEYLANCE ISO 9001 PUSKESMAS TAMAN


Audit pada Seksi Hubungan Pelanggan dan QA
Puskesmas Taman sebagai Puskesmas perawatan pertama di Kabupaten Sidoarjo yang meraih Sertifikat Quality Management System ISO 9001 sejak tahun 2007, secara berkesinambungan berupaya terus meningkatkan pelayanan dengan mengacu Standart Manajemen Internasional. Kurun waktu 5 (lima) tahun sudah secara manajemen, Puskesmas Taman menerapkan standart manajemen mutu ISO 9001 terkait pelayanan. Banyak sekali perubahan yang dirasakan oleh seluruh komponen masyarakat pelaku pelayanan kesehatan, salah satunya yang dirasakan adalah semakin meningkat dan lebih baiknya dari waktu ke waktu standart pelayanan kesehatan di Puskesmas Taman.
Keseriusan dalam mendengarkan hasil Audit Surveylance
Secara manajemen, penerapan ISO 9001:2008 di Puskesmas Taman sangat dirasakan sekali manfaatnya. Prosedur terkait layanan semakin pasti dan jelas, seluruh tindakan terkait layanan kesehatan dan support system-nya semakin terbakukan dengan adanya acuan berupa Standard Operating Procedure atau SOP, Prosedur Tetap terkait tata laksana sistem pendukung layanan kesehatan atau PROTAP begitu juga dengan dokumen yang beredar baik berupa formulir untuk perekaman seluruh aktifitas layanan maupun dokumen eksternal yang dipakai untuk acuan kerja disetiap layanan semakin terkendali dan tertata rapi.
Proses Audit di bagian layanan Poli Gigi
Sertifikasi ISO 9001 yang dimiliki oleh Puskesmas Taman diawali dengan ISO 9001 versi 2000 diperoleh dari Lembaga Sertifikasi PT Sucofindo, tbk pada tahun 2007. Sertifikat ini berlaku selama 3 tahun semenjak diterbitkan. Ditahun yang ke-4 (empat), Sertifikasi diperoleh dari PT URS dengan Upgrade ISO 9001 ke versi 2008. 
Untuk mendapatkan Sertifikat ISO 9001 harus melalui beberapa tahapan proses, diantarnya adalah Audit Mutu Eksternal atau Audit Sertifikasi terkait seluruh komponen pendukung kelayakan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, Audit ini dilakukan sekali dalam masa berlaku Sertifikat ISO 9001. Audit yang kedua adalah Audit Surveylance, merupakan Audit rutin setiap 1 (satu) tahun sekali sebagi upaya untuk memastikan organisasi secara konsisten masih menjalankan Sistem Manajemen Mutu.
Suasana Audit yang komunikatif
Puskesmas Taman telah 5 kali melakukan Audit Surveylance secara kontinyu. Selain Audit Mutu Eksternal, Audit Surveylance, Audit Mutu Internal juga dilakukan secara berkelanjutan setiap 6 bulan sekali. Sistem Audit yang berlapis ini, memungkinkan tingkat kesalahan dalam pelayanan dapat diminimalisir serta diantisipasi lebih cepat. Peningkatan secara berkelanjutan bagi upaya pemberian layanan kesehatan secara paripurna sangatlah dibutuhkan. Hal ini mampu dijawab dengan adanya Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 yang diterapkan di Puskesmas Taman. Report by ; Uays Hasyim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dan masukan anda yang membangun akan meningkatkan pelayanan kami.

PENYERAHAN PENGHARGAAN JUARA 2 SBH PUSKESMAS TAMAN

Pemberian Penghargaan Juara 2 kepada Gerakan Pramuka Saka Bhakti Husada di bawah naungan dan pembinaan Puskesmas Taman. Penyerahan Peng...