Mohon Maaf, Kami hanya akan menangani KELUHAN PELANGGAN yang menyebutkan identitas dengan jelas dan bisa dihubungi

Rabu, 29 Januari 2014

Ini Tipsnya Agar Tak 'Mati Muda' karena Kebanyakan Duduk di Kantor

Jakarta - Duduk seharian di kantor tak hanya membuat pikiran pusing atau bosan, tapi juga membuat sulit bergerak untuk membakar kalori. Apalagi, sudah menjadi rahasia umum jika terlalu banyak duduk berefek negatif bagi kesehatan.

Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine melibatkan 93.000 wanita menopause yang duduk lebih dari 11 jam sehari. Hasilnya, terdapat peningkatan semua penyakit penyebab kematian dini sampai 12 persen. Mereka meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, jantung koroner, dan kanker masing-masing sebesar 13 persen, 27 persen, dan 21 persen. 

Studi lain dari Kansas State University yang mempelajari 194.545 pria dan wanita usia 45 dan 106 menyimpulkan bahwa hanya dengan berdiri sepanjang hari bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, jantung, stroke, kanker payudara, dan kanker usus besar. Duduk kurang dari empat jam sehari terkait dengan penurunan penyakit kronis sampai 12 persen dan risiko diabetes sampai 25 persen.

"Idealnya, orang harus bangkit dari tempat duduk mereka selama lima sampai sepuluh menit dalam satu jam. Caranya bisa dengan melakukan peregangan, berjalan di tempat, atau berjalan keliling kantor," kata Rebecca Seguin, PhD, asisten profesor ilmu gizi di Cornell's College of Human Ecology.

Satu solusi sederhana jika Anda sering terjebak di balik meja kerja yaitu cobalah berdiri beberapa kali dalam satu kam. Jika dianggap kurang praktis, ahli fisiologi olahraga Tom Holland menyarankan gunakanlah tangga untuk naik ke lantai atas, gunakan headset dan berjalanlah di sekitar kantor saat ada panggilan telepon.

"Jangan lupa duduklah di stability ball jika sempat, Kegiatan ringan ini bisa membakar kalori yang bertambah dari waktu ke waktu ketika Anda di kantor," kata Holland, demikian dikutip dari Prevention, Selasa (28/1/2014).

Peneliti di Kansas State menemukan bahwa duduk dalam jangka waktu lama bisa menutup metabolisme dengan mematikan molekul yang disebut lipoprotein lipase atau LPL yang membantu tubuh menggunakan lemak untuk energi.


Sumber : Radian Nyi Sukmasari - detikHealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dan masukan anda yang membangun akan meningkatkan pelayanan kami.

PENYERAHAN PENGHARGAAN JUARA 2 SBH PUSKESMAS TAMAN

Pemberian Penghargaan Juara 2 kepada Gerakan Pramuka Saka Bhakti Husada di bawah naungan dan pembinaan Puskesmas Taman. Penyerahan Peng...