Mohon Maaf, Kami hanya akan menangani KELUHAN PELANGGAN yang menyebutkan identitas dengan jelas dan bisa dihubungi

Rabu, 29 Januari 2014

Studi Ungkap Hidung Manusia Bisa Deteksi Kadar Lemak Makanan

Jakarta-  Untuk membatasi asupan lemak, Anda biasanya menggunakan metode seperti menghitung kalori bukan? Rupanya tak perlu bersusah-susah, kini dalam sebuah studi para ilmuwan temukan bahwa Anda bisa menggunakan hidung untuk mendeteksi kadar lemak dalam makanan. 

Tim peneliti dari Monell Centre, Philadelphia, ini mengungkapkan bahwa temuan mereka tersebut mungkin bisa dimanfaatkan penduduk untuk mengontrol berat badan, mengatur diet dan mengurangi asupan lemak dalam makanan sehari-hari.

Dilansir Daily Mail, Sabtu (25/1/2014), faktanya aroma makanan hampir selalu terdeteksi terlebih dahulu sebelum rasa. Oleh sebab itu, tim mencoba mengidentifikasi kualitas sensorik manusia untuk menentukan lemak dalam makanan. 

"Indra penciuman manusia sangat baik untuk membantu kita menentukan diet dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan faktanya dari hasil studi ini ditemukan bahwa hidung mampu mendeteksi dan membedakan kandungan lemak pada makanan," ujar penulis senior, Dr Johan Lundstrom, yang sekaligas merupakan ahli syaraf kognitif di Monell Centre. 

Dalam percobaan tersebut, para peneliti mencoba menguji apakah responden bisa mendeteksi dan membedakan jumlah lemak dalam susu. Mereka meminta responden menebak jumlah lemak yang mungkin ditemui dalam produk susu seperti susu skim (0,125 persen), susu semi skim (1,4 persen), susu biasa (2,7 persen).

Sampel susu-susu tersebut disajikan pada responden yang matanya tertutup. Hasilnya, hampir semua responden bisa menggunakan indra penciuman mereka untuk membedakan kandungan lemak dalam berbagai jenis susu. 

Nah, lemak sebagai salah satu nutrisi yang paling berkalori, dari hasil temuan tersebut para ahli berasumsi akan sangat menguntungkan bagi manusia jika dapat memanfaatkan indranya untuk mendeteksi sumber lemak dalam makanan. Sebab dengan begitu, diet dan pengontrolan berat badan bisa lebih mudah dilakukan tanpa perlu menghitung kalori dalam makanan terlebih dahulu. 

Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dan masukan anda yang membangun akan meningkatkan pelayanan kami.

PENYERAHAN PENGHARGAAN JUARA 2 SBH PUSKESMAS TAMAN

Pemberian Penghargaan Juara 2 kepada Gerakan Pramuka Saka Bhakti Husada di bawah naungan dan pembinaan Puskesmas Taman. Penyerahan Peng...