Mohon Maaf, Kami hanya akan menangani KELUHAN PELANGGAN yang menyebutkan identitas dengan jelas dan bisa dihubungi

Kamis, 03 Januari 2013

MOTTO dan ETOS KERJA BARU 2013


Puskesmas Taman sebagai salah satu Puskesmas Pelayanan Rawat Inap di Kabupaten Sidoarjo terus berupaya meningkatkan pelayanan demi terciptanya masyarakat yang sehat secara paripurna. Tahun 2013 dengan semangat baru, Puskesmas Taman memiliki Motto dan Etos Kerja yang baru sebagai wujud upaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.


MOTTO
We serve BETTER

Yang dapat didefinisikan sebagai berikut :
B = BERKUALITAS
E = EFISIEN
T = TERPERCAYA
T = TERBAIK
E = EFEKTIF
R = RAMAH



ETOS KERJA

= Peduli dan Ikhlas memberikan pelayanan kesehatan
U  = Ulet dalam berpikir, berucap dan bertindak
S   = Sehat serta mengutamakan kesehatan diri dan masyarakat
K  = Kejujuran prasyarat utama Keberhasilan
= Etika perilaku mulia dikedepankan
S  = Solusi terbaik diberikan untuk pelanggan
M = Mumpuni dalam mengupayakan pelayanan terbaik
A  = Amanah dan Bijak dalam Bersikap serta bertindak
S  =  Santun dan berkepribadian layanan prima

T  = Terbaik dalam memberikan pelayanan
A  = Aman, Cepat dan Akurat dalam penegakan Diagnosa
M  = Menjadi Puskesmas terbaik dalam Pelayanan
A  =  Aktif, Inovatif dan Kreatif dalam tindakan serta pelayanan
N  = Nyaman, Ramah dan solusi tepat manfaat


Penjelasan terkait Etos Kerja Puskesmas Taman Kabupaten Sidoarjo.



 1)  = Peduli dan Ikhlas memberikan pelayanan kesehatan.
Setiap karyawan-karyawati harus peduli kepada sesama baik sesama teman kerja maupun pasien dan selalu ikhlas didalam memberikan pelayanan kesehatan bagi semua pasien yang menggunakan fasilitas layanan kesehatan di Puskesmas Taman.

2)  U  = Ulet dalam berpikir, berucap dan bertindak.
Selalu mengupayakan berbagai solusi konkrit terkait berbagai macam permasalahan kesehatan yang dihadapi. Solusi ini berupa pikiran, kemudian disampaikan secara terstruktur dan tindakan nyata dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

3)  S   = Sehat serta mengutamakan kesehatan diri dan masyarakat.
Selalu menjaga kesehatan baik secara diri pribadi, keluarga maupun masyarakat secara luas. Pengupayaan kesehatan ini melalui penerapan dan berbagi informasi terkait kesehatan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS.

4)  K  = Kejujuran prasyarat utama Keberhasilan.
Setiap pribadi karyawan dan karyawayi Puskesmas diharuskan untuk menjadi manusia yang utuh berkepribadian, jujur dalam tutur ucapan dan tindakan. Menjadi cermin pribadi yang selalu menggemari penerapan prinsip-prinsip kebaikan.

5)  = Etika perilaku mulia dikedepankan.
Etika berucap, bertindak yang mulia dalam memberikan pelayanan kesehatan diutamakan. Memberlakukan setiap orang adalah penting, utamanya didalam pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan bagi setiap orang yang berkunjung memanfaatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Taman.

6)  S  = Solusi terbaik diberikan untuk pelanggan
Setiap pelanggan yang datang adalah pribadi yang penting dan sedang membutuhkan jawaban atas setiap permasalah kesehatan yang mereka hadapi. Peranan sebagai pemberi soluai handal bagi setiap permasalahan tersebut haruslah  diberlakukan bagi setiap karyawan-karyawati dilingkungan kerja Puskesmas Taman.

7)  M = Mumpuni dalam mengupayakan pelayanan terbaik.
Kompetensi yang dimiliki merupakan akumulasi dari pengetahuan yang pernah didapat melalui pendidikan, pengalaman dan serangkaian praktek dalam memberikan pelayanan kesehatan. Hal ini merupakan penunjang skill bagi setiap karyawan-karyawati agar didapatkan kualitas kerja yang bagus dan berkesinambungan, meski hal ini harus dilakukan secara bertahap.

8)  A  = Amanah dan Bijak dalam Bersikap serta bertindak.
Penuh rasa tanggung jawab dan saling menghormati didalam menjalankan tugas dan melayani pasien. Amanah ditampilkan dalam keterbukaan, kejujuran, pelayanan yang optimal dan berbuat yang terbaik dalam segala hal dan bijaksana didalam bersikap dan melakukan tindakan.

9)  S  =  Santun dan berkepribadian layanan prima.
Kesadaran memiliki rasa tanggung jawab untuk memberikan layanan terbaik bagi setiap penggunan layanan kesehatan di Puskesmas Taman dan dengan dilandasi etika kesopan santunan dalam memberikan pelayanan juga menjadi semangat kerja bagi seluruh karyawan-karyawati.

10)   T  = Terbaik dalam memberikan pelayanan.
Kerja keras yang diupayakan oleh seluruh karyawan-karyawati adalah semangat kerja untuk memberikan pelayanan yang terbaik dalam setiap kesempatan. Pelayanan dalam hal promotif, prefentif, kuratif dan rehabilitatif bagi setiap pasien diupayakan sebaik dan seefektif mungkin.

11)   A  = Aman, Cepat dan Akurat dalam penegakan Diagnosa.
Layanan yang aman, cepat dan akurat didalam penegakan diagnosa/analisa perkiraan penyakit yang diderita oleh pasien menjadi upaya tindakan nyata dalam setiap pelayanan yang diberikan kepada pasien yang berobat di Puskesmas Taman.

12)   M  = Menjadi Puskesmas terbaik dalam Pelayanan.
Kinerja optimal yang selama ini telah diupayakan menjadikan Puskesmas Taman seringkali memperoleh prestasi dan menjadi Puskesmas Terdepan dalam inovasi dan perubahan kearah peningkatan layanan. Prestasi ini akan terus diupayakan untuk menjadikan Puskesmas Taman menjadi Puskesmas terbaik dalam pelayanan.

13)   A  =  Aktif, Inovatif dan Kreatif dalam tindakan serta pelayanan.
Aktif dalam memberikan pelayanan terbaik, selalu berupaya untuk melakukan Inovasi didalam pelayanan maupun hal-hal yang menjadi pendukung diperolehnya layanan yang terbaik. Meningkatkan kreatifitas sebagai upaya nyata memberikan pelayanan bagi meningkatnya kesejahteraan dan kesehatan masyarakat secara umum.

14)   N  = Nyaman, Ramah dan solusi tepat manfaat
Dalam pelayanan kesehatan yang diberikan oleh setiap petugas/karyawan-karyawati di Puskesmas Taman, kenyaman menjadi prioritas utama. Pengukuran kepuasan pelanggan juga dilakukan 2 kali dalam 1 tahun sebagai rangkaian untuk mengetahui dan mengukur respon masyarakat terhadap seluruh layanan yang ada. Keramahan petugas dalam memberikan pelayanan dengan terus dilakukan peningkatan kemampuan, hal ini ditandai dengan upaya-upaya memberikan pelatihan terkait pelayanan yang terbaik, misalnya : service excellent, pelatihan layanan prima, team work training dan lain-lain. Solusi tepat guna merupakan upaya pemberian jawaban-jawaban terhadap permasalahan pasien yang berobat secara tepat guna dan jawaban-jawaban terhadap permasalahan internal terkait proses layanan yang diberikan dan manajemen.




Ditulis oleh : Uays Hasyim - Staf IT  Puskesmas Taman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dan masukan anda yang membangun akan meningkatkan pelayanan kami.

PENYERAHAN PENGHARGAAN JUARA 2 SBH PUSKESMAS TAMAN

Pemberian Penghargaan Juara 2 kepada Gerakan Pramuka Saka Bhakti Husada di bawah naungan dan pembinaan Puskesmas Taman. Penyerahan Peng...