Penilaian kinerja Puskesmas adalah suatu upaya untuk melakukan penilaian hasil kerja/ prestasi Puskesmas.Pelaksanaan penilaian dimulai dari tingkat Puskesmas sebagai instrumen mawas diri karena setiap Puskesmas melakukan penilaian kinerjanya secara mandiri, kemudian Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota melakukan verifikasi hasilnya. Adapun aspek penilaian meliputi hasil pencapaian cakupan dan manajemen kegiatan termasuk mutu pelayanan ( khusus bagi Puskesmas yang telah mengembangkan mutu pelayanan ) atas perhitungan seluruh Puskesmas. Berdasarkan hasil verifikasi, dinas kesehatan kabupaten / kota bersama Puskesmas dapat menetapkan Puskesmas kedalam kelompok (I,II,III) sesuai dengan pencapaian kinerjanya.Pada setiap kelompok tersebut, dinas kesehatan kabupaten/kota dapat melakukan analisa tingkat kinerja Puskesmas berdasarkan rincian nilainya, sehingga urutan pencapian kinerjanya dapat diketahui, serta dapat dilakukan pembinaan secara lebih mendalam dan terfokus.
Kegiatan penilaian kinerja Puskesmas taman oleh Dinas Kesehatan Kab.Sidoarjo di laksanakan tanggal 15 April 2014, dari 25 Puskesmas Se Kab.Sidoarjo penilain kinerja puskesmas taman masuk pada jam ke 2 setelah puskesmas trosobo. Dengan memeriksa 14 program yang ada di puskesmas taman sesuai laporan bualanan yang di kerjakan pada tahun 2013. Dengan pencapain di tahun 2013 puskesmas taman mencapai peningkatan dari sisi pelayanan maupun fasilitas yang ada walaupun ada beberapa hal yang masih kurang dan di benahi.
Tujuan
penyusunan Laporan Kinerja ini secara umum agar tercapai tingkat kinerja
Puskesmas yang berkualitas secara
optimal dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan kesehatan di Kab. Sidoarjo. Hasil dari kinerja Puskesmas Taman secara umum akan di paparakan oleh dinas kesehatan kepada keala puskesmas di lain harinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar dan masukan anda yang membangun akan meningkatkan pelayanan kami.